Dalam dunia fotografi, keberadaan tripod cukup penting untuk menopang kamera. Apalagi bila kamu membutuhkan hasil foto yang stabil dalam segala medan dan kondisi dari kamera DSLR.

Tripod memiliki banyak merk, fitur penopang dengan rentang harga yang beragam. Kalau kamu memang terpikir untuk melengkapi alat fotografi dengan tripod, simak 10 rekomendasi merk tripod kamera DSLR yang bagus.

1. Vanguard

Vanguard

* sumber: www.ephotozine.com

Cek Harga di Shopee

Tripod pertama yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Vanguard. Salah satu seri yang bisa kamu pilih adalah Vanguard Nivelo 245BK. Jenis ini cocok sekali bagi kamu yang baru mulai di dunia fotografi. Bebannya ringan dan juga fleksibel. Menggunakan tripod ini, kamu bisa mengambil gambar dengan close up. Vanguard Nivelo 245BK pun memiliki sudut putar sebesar 360 derajat.

2. Andoer

* sumber: www.walmart.ca

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bila Vanguard bisa dijadikan pilihan untuk pemula dalam dunia fotografi, berbeda bila kamu sudah professional. Apalagi bila kamu memang jurnalis foto bidang olahraga. Rekomendasi tripod yang bisa kamu pilih adalah Andoer, terutama Andoer Tripod A-618.

Kelebihan tripod ini terbuat dari bahan aluminium sehingga bobotnya ringan namun kokoh menopang kamera sampai 20 kg. Tinggi maksimal dari tripod ini adalah 180 cm sehingga kamu tak perlu membungkuk bila ingin menyesuaikan posisi kamera.

Dengan tripod ini, kamu bisa mengambil gambar macro, panorama, sampai low angle dengan mudah. Tak hanya itu, ia bisa menjadi monopod dengan melepas salah satu kakinya. Menarik, ya.

3. Leofoto

Leofoto

* sumber: www.blibli.com

Cek Harga di Lazada

Bila medan yang kamu datangi untuk mengambil foto ada guncangan, Leofoto LS284C Carbon Tripod With NB40 bisa dijadikan andalkan. Produk ini menggunakan material Toraya Carbon Filter sehingga ringan, kokoh, sekaligus stabil. Kekuatannya sanggup menopang sampai 12 kg. Kamera DSLR kamu pun bisa aman saat dipasang ke tripod satu ini.

4. Sirui

* sumber: www.blibli.com

Cek Harga di Shopee

Tripod dengan konsep ballhead memang bisa memudahkanmu dalam mengambil hasil foto dengan fleksibel, sudut lebih luas, dan stabil. Merk yang mengeluarkan tripod dengan konsep ini adalah Sirui, terutama Sirui T-004kx.

Sirui ini memiliki bobot ringan dengan kaki yang sanggup meluas sampai maksimal 40 cm. Selain itu, kaki-kaki ini bisa disesuaikan menyesuaikan kebutuhan dan kenyamanan secara individual. Tak hanya untuk pemula, tripod ini cocok untuk para profesional.

5. Manfrotto

* sumber: www.bhphotovideo.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Manfrotto memiliki setidaknya dua jenis pilihan tripod yang berkualitas, yaitu Manfrotto Tripod Compact Advance dan Manfrotto Tripod Compact Light. Namun, tripod yang cocok untuk kamera DSLR adalah Manfrotto Tripod Compact Advance.

Bobot untuk tripod sendiri hanya 1,4 kg dan ia sanggup menopang beban kamera sampai 3 kg. Material pembuatnya yaitu aluminium dengan 3 way head dan 2 tuas handle. Tuas ini bisa dilipat bila tak ingin digunakan.

Selain itu, pengaturannya pun sederhana dan juga ada lima tingkatan pada kaki tripod yang dikunci menggunakan sistem flip lock. Manfrotto Tripod Compact Advance pun memudahkanmu bila ingin dibawa. Kemudahannya ini sangat cocok bila kamu adalah seorang travel blogger atau vlogger.

6. Velbon

Velbon

* sumber: prelo.co.id

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Tripod memang digunakan untuk membuat hasil foto lebih stabil. Walau begitu, ada juga tripod yang justru mudah membuat kamera terguncang. Untuk menghindari hal tersebut, Velbon bisa dipilih. Velbon memiliki beberapa tipe, salah satu yang diandalkan adalah Velbon CX 888.

Bahan tripodnya adalah aluminium ringan yang mampu membuat tripod tetap kokoh dan stabil. Kamera DSLR yang sanggup ditopang oleh tripod satu ini adalah kamera dengan beban sebesar 2 kg.

7. Alloy

Alloy

* sumber: www.alibaba.com

Cek Harga di Shopee

Membeli Tripod memang perlu menyesuaikan dengan kebutuhan. Kalau kebutuhanmu adalah sebagai fotografer pernikahan, tripod keluaran Alloy bisa memudahkanmu. Ini karena Tripod Alloy, terutama Alloy Tripod Unipod 3 Legs Stand Base memiliki fitur quick release. Fitur ini memudahkanmu dalam mengganti posisi kamera DSLR dengan cepat.

Bahan pembuatannya terbuat dari aluminium alloy sehingga kokoh dan mampu menampung beban sampai 5 kg. Selain itu, ia bisa berfungsi sebagai monopod. Menariknya, maksimal tinggi yang bisa diberikan adalah 166 cm. Kelebihan lain yaitu tripod Alloy ini bisa menjaga stabilitas dalam pengambilan gambar.

8. Bexin

Bexin

* sumber: www.tokopedia.com

Cek Harga di Shopee

Mencari tripod mini yang bisa dimasukan ke dalam tas kecil? Merk Bexin bisa kamu masukan ke dalam daftar pembelian. Bexin memiliki tipe tripod mini bernama Bexin Pro-MS08. Ukurannya hanya 18 cm sangat pas untuk kamu yang senang mengabadikan gambar kuliner dari dekat tapi hasil yang stabil.

Walau memiliki ukuran kecil, beban yang ditanggung tripod ini bisa sampai 8 kg, lho! Selain itu, kaki tripod bisa dilebarkan untuk mengambil gambar low angle ataupun micro shooting. Tripod ini juga dilengkapi ball head. Ball head pada kepala tripod membuat pengambilan gambar menjadi lebih halus tanpa ngeblur.

9. Yunteng

* sumber: shopee.co.id

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Yunteng adalah merk tripod untuk kamu yang terbiasa mengambil foto atau hunting foto sendiri. Modelnya memang ramping selayaknya selfie stick yaitu Yunteng VCT-1688. Kegunaannya memang tak hanya sebagai tripod professional tapi juga bisa dijadikan tongkat selfie dengan mengatupkan ruas kaki.

Selain itu, tripod ini dilengkapi dengan fitur remote shutter untuk selfie. Fitur ini bisa kamu koneksikan dengan smartphone android atau iOS. Kalau ingin dijadikan tripod professional, tinggi yang bisa diberikan maksimal 130 cm dan dilipat sampai 32 cm. Kapasitas beban yang bisa ditopang tripod satu ini sebesar 5 kg.

10. Beike

* sumber: spekharga.cokoladaforum.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mencari tripod dengan bobot ringan, punya tinggi maksimum dan dilipat? Coba beralih ke Beike. Beike Q999 memiliki segala hal yang kamu inginkan. Bobot tripod ini memang ringan karena terbuat dari aluminium alloy tapi sanggup menopang beban sampai 8 kg.

Ketinggian maksimal yang bisa dilakukan oleh tripod Beike Q999 adalah 159 cm dan bisa dilipat sampai ukuran 43 cm. Hanya itu saja? Tentu tidak. Tripod ini pun bisa berfungsi sebagai monopod dengan melepas salah satu kaki penopangnya.

11. Weifeng

* sumber: shopee.co.id

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bila dari 10 rekomendasi di atas sudah sesuai dengan kebutuhan tapi masih terkendala budget, Weifeng bisa kamu pilih. Weifeng 3110 ini bisa dipilih untuk fotografer pemula dengan harga yang terjangkau. Kamu bisa mulai belajar menggunakan tripod dengan tipe satu ini.

Beban yang sanggup ditahan oleh Weifeng 3110 adalah 7 kg dengan tinggi maksimal sebesar 80 cm. Bahannya yang terbuat dari aluminium berkualitas tentu kokoh, ringan, dan stabil.

Dari 11 merk tripod kamera DSLR yang bagus untuk menunjang kegiatan fotografi, mana yang akan menjadi teman pendamping kameramu? Yuk, bagikan pengalamanmu memilih atau menggunakan tripod di kolom komentar di bawah ini.