Merekam suara kini bisa dilakukan lewat media mana pun, termasuk laptop yang kita punya. Untuk bisa melakukannya, kamu harus menyokong laptopmu dengan aplikasi khusus.

Untungnya, sekarang sudah ada beragam aplikasi perekam suara yang bisa dipasang pada laptop. Dari beragam aplikasi itu, beberapa di antaranya akan kami rekomendasikan untukmu. Apa saja sejumlah aplikasi itu? Yuk langsung simak saja bahasan di bawah ini!

1. Audacity

Audacity

* sumber: id.wikipedia.org

Ini adalah salah satu aplikasi perekam suara yang paling populer. Sudah banyak orang yang memakai aplikasi ini di laptopnya. Adapun yang menjadi keunggulan aplikasi ini adalah tampilannya yang sederhana, terutama dari segi Graphic User Interface (GUI).

Pilihan tools plugin-nya yang banyak adalah kelebihan lainnya dari aplikasi ini. Tak cuma untuk rekaman, Audacity juga cocok untuk mengedit suara. Audacity sangat cocok dioperasikan di sistem operasi Windows, MAC OS, dan juga Linux. Audacity bisa kamu unduh langsung di situs resminya.

2. FL Studio

FL Studio

* sumber: www.lazada.co.id

Dikembangkan oleh Image-Line, aplikasi ini punya fitur yang cukup banyak. Tak hanya untuk merekam suara, tapi juga mengedit, mengatur, hingga melakukan mixing suara.

Aplikasi ini cocok untuk merekam dan membuat musik. Terutama, untuk membuat loop dan beat dalam suatu aransemen musik. Sudah banyak musisi dunia yang memakai aplikasi ini.

David Guetta, Alan Walker, dan Afrojack adalah tiga di antaranya. Kamu tertarik untuk mengunduh aplikasi ini? Langsung saja unduh langsung via situs resminya yang ada di sini!

3. Free Sound Recorder

Free Sound Recorder

* sumber: alternativeto.net

Kalau mau perekam suara yang gratis, aplikasi ini adalah salah satu yang recommended. Selain gratis, kamu tak perlu melakukan registrasi bila hendak mengunduh dan memakai aplikasi ini.

Cara menggunakan aplikasi ini sudah tertera di situs resminya. Kamu hanya perlu mengikutinya sebaik mungkin. Hasil rekaman dari aplikasi ini bisa kamu simpan dalam berbagai format, mulai dari MP3 hingga WAV. Free Sound Recorder bisa kamu unduh di sini.

4. Adobe Audition

Adobe Audition

* sumber: www.lazada.co.id

Boleh dibilang kalau ini merupakan aplikasi yang cukup lawas, lantaran sudah ada sejak 2003 silam. Sejak pertama kali dibuat, aplikasi ini terus diperbaharui agar makin relevan untuk digunakan.

Adobe Audition sendiri didesain dengan konsep multitrack digital audio recording, mixer, dan editor. Lewat aplikasi ini, kamu bisa merekam suara sekaligus instrument music, serta suara-suara lainnya yang kamu butuhkan.

Kamu pun juga bisa menggabungkan berbagai track suara via aplikasi ini. Kamu pun juga bisa memperbaiki kualitas suaranya bila dirasa kurang. Bila ingin membeli atau mencoba free trial aplikasi ini, langsung saja kunjungi situs ini.

5. Jet Audio Basic

Jet Audio Basic

* sumber: www.softpedia.com

Selain merekam suara atau alat musik, aplikasi ini juga bisa membaca berkas berbentuk audio, bahkan video. Jadi, kalau kamu punya berkas audio atau video yang sulit dibuka, kamu bisa membukanya pakai aplikasi ini.

Aplikasi ini juga bisa me-ripping berkas dari DVD ke VCD, juga mengubah berkas audio menjadi video. Kamu pun juga bisa memainkan musik dan video dengan aplikasi satu ini.

Kabar baiknya, semua kelebihan itu bisa kamu dapatkan dengan kocek Rp 0 rupiah alias gratis. Kalau kamu tertarik memakai aplikasi ini, silahkan unduh saja langsung di sini.

6. Garageband

Garageband

* sumber: support.apple.com

Dikembangkan oleh Apple, aplikasi ini cocok untukmu yang mau merekam suara untuk berbagai kepentingan. Baik itu untuk bikin lagu ataupun membuat podcast.

Aplikasi ini lazim dipakai oleh para musisi independen yang baru pertama kali bikin lagu ataupun album. Sayangnya, aplikasi ini hanya cocok untuk laptop bersistem Mac OS. Kalau kamu tertarik memakainya, langsung saja unduh di sini.

7. Filmora Scrn

Filmora Scrn

* sumber: trustedbay.com

Kalau mau aplikasi perekam suara yang cukup sederhana, aplikasi ini bisa kamu pilih. Aplikasi ini bisa diunduh untuk laptop dengan program Windows ataupun Mac OS.

Selain merekam suara, kamu pun juga bisa merekam dan mengedit video di aplikasi ini. Fiturnya sendiri cukup lengkap dan bisa membantu mengoptimalkan rekaman suara atau videomu. Filmora Scrn bisa kamu unduh di sini.

8. Ocenaudio

Ocenaudio

* sumber: www.youtube.com

Tampilan aplikasi ini sebetulnya agak kurang bersih. Berbanding terbalik dengan tampilan websitenya yang tergolong rapi. Walau begitu, aplikasi ini masih tergolong mudah dipakai.

Fiturnya pun cukup beragam. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai sistem. Mulai dari Windows, Mac OS, hingga Linux. Selain merekam dan mengeditnya, kamu juga bisa memperbaiki kualitas rekaman yang telah kamu buat sebelumnya.

Ada cerita menarik dibalik terciptanya aplikasi ini. Konon, aplikasi ini dibuat oleh kelompok peneliti di Universitas Federal Santa Catarina di Brazil. Aplikasi ini dulunya dibuat untuk membantu mereka untuk mengedit audio secara mudah.

Seiring waktu, aplikasi ini pun sudah bisa dipakai untuk kalangan umum. Bila kamu mau memakai aplikasi ini untuk merekam suara, silakan langsung saja datang ke sini.

9. Sound Forge

Sound Forge

* sumber: www.youtube.com

Aplikasi yang dikembangkan oleh Magix Software ini ditujukan untuk mereka yang profesional dan semi profesional. Selain merekam dan mengedit hasil rekaman suara, aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk melakukan pemrosesan terhadap hasil rekaman kita.

Fiturnya sendiri beragam. Multi-channel or Multitrack Recording, Disc Description Protocol Export, Real-time Sample Level Wave Editor, dan Voice Activity Detection adalah empat di antaranya. Aplikasi ini juga mendukung plugin Efek VST dan VSTI. Untuk mendapatkan aplikasi ini, kamu bisa langsung situs resminya di sini.

10. WavePad Audio Editor

WavePad Audio Editor

* sumber: wavepad.id.softonic.com

Dikembangkan langsung oleh NCH Software, aplikasi ini bisa merekam dan mengedit suara, musik, atau rekaman audio lainnya. Kamu pun juga bisa memotong, menyalin, dan menempelkan rekaman suara dengan menggunakan aplikasi ini.

Kamu pun juga bisa memberikan efek khusus untuk rekaman suaranya. Entah itu efek gema, efek samar, atau efek suara lainnya. Fiturnya sendiri terbilang cukup banyak. Audio Restoration, Spectral Analysis dan Batch Processing adalah tiga di antaranya.

Di luar negeri, aplikasi ini lazim dipakai untuk kebutuhan pendidikan. Hal ini terbukti dari penelitian yang menemukan kalau versi free trial aplikasi ini diunduh oleh banyak situs universitas ternama.

Biasanya, aplikasi ini dipakai oleh mahasiswa untuk memanipulasi rekaman audio yang rumit. Seperti beberapa aplikasi lainnya, WavePad juga cocok untuk berbagai sistem. Entah itu Windows maupun Mac OS. WavePad bisa diunduh langsung di situs resminya di sini.

Merekam suara kini bisa dilakukan lewat media mana pun. Termasuk laptop yang kita punya. Untuk bisa melakukannya, kamu harus menyokong laptopmu dengan aplikasi khusus.

Sepuluh aplikasi di atas adalah beberapa di antaranya. Kamu bisa memakai aplikasi-aplikasi itu untuk berbagai kepentingan. Mulai dari merekam dan mengedit suara, merekam musik, membuat podcast atau bahkan membuat video. Pilih saja mana aplikasi yang cocok dengan kebutuhan.